Baca Berita

Bus Sekolah dan Bus Desa Sehat Gianyar Siap Beroperasi Pada Tahun 2016

Oleh : dishubinkom | 30 Desember 2015 | Dibaca : 460 Pengunjung

Pemkab Gianyar terus berinovasi dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak, terutama dalam pemenuhan sarana dan prasarana guna pemenuhan hak – hak anak. Di tahun 2016 ini, sistem transportasi khusus pelajar atau Trans Harmoni serta bus Desa Sehat Gianyar siap dioperasikan. Peresmian 7 unit bus sekolah serta 2 unit bus desa sehat dilakukan oleh Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dra. Lenny Nurhayanti Rosalin, M.Sc didampingi Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata di halaman Kantor Bupati Gianyar, (30/12).

Bupati Gianyar, A.A. Gde Agung Bharata mengatakan program bus sekolah serta bus Desa Sehat Gianyar merupakan upaya dalam mewujudkan Gianyar sebagai Kabupaten Layak Anak. Terdapat 7 unit bus sekolah yang nantinya akan disebar di seluruh kecamatan di Gianyar. Sementara, terkait insfrastruktur pendukungnya seperti halte, saat ini sudah mulai rampung dikerjakan. Terkait dengan kemungkinan penambahan bus sekolah ini, dikatakan akan melihat perkembangan animo masyarakat nantinya.

“Ini masih tahap percobaan, kita lihat animo masyarakat nanti. Mudah – mudahan masyarakat sadar kalau naik bus itu lebih aman dan nyaman, tertutama para pelajar,” tegas Agung Bharata.

Agung Baharata menambahkan, terkait pengoperasionalan bus sekolah ini, Pemkab Gianyar sudah melakuan kordinasi dengan Organda selaku organisasi yang membawahi angkutan umum. Saat beroperasi nanti, bus Trans Harmoni tetap akan didukung dan bersinergi dengan angkutan pedesaan yang ada di Gianyar. Untuk itu Pemkab Gianyar juga tengah melaksanakan revitalisasi angkutan desa dalam mendukung sistem angkutan pelajar yang masih tahap sosialisasi.

Sedangkan untuk Bus Puskesmas Keliling atau Bus Desa Sehat Gianyar, saat ini baru terealisasi 2 unit. Di tahun depan akan ditargetkan terdapat penambahan 2 unit sehingga terdapat minimal 4 unit bus puskesmas keliling yang akan beroperasi dengan masuk ke desa – desa. Hal ini dilakukan untuk lebih mempermudah dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bus Sehat Gianyar ini nantinya akan melayani pemeriksaan kesehatan umum, internis, pemeriksaan gigi satu tempat, kesehatan bayi dan anak bingga bedah minor.

“Bus Desa Sehat ini akan masuk ke desa – desa untuk memudahkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tambah Agung Bharata.

Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Dra. Lenny Nurhayati Rosalin, M.Sc sangat menyambut baik peluncuran sistem transportasi khusus pelajar dan bus Desa Sehat Gianyar ini. Terlebih, kedatangannya terkait dalam rangka kordinasi terkait pelaksanaan Asian Forum Hak Anak Tahun 2016 yang akan dilaksanakan di Gianyar. Dari sekian anggota se-Asia, Indonesia khususnya Kabupaten Gianyar mendapat kehormatan sebagai tuan rumah pelaksanaan konfrensi Asian Forum Hak Anak Tahun 2016.  Konfrensi ini akan dihadiri oleh menteri – menteri se–Asia yang berkaitan dengan hak anak.

“Dari sekian kabupaten/kota se-Indonesia, Kabupaten Gianyar memiliki potensi dalam pemenuhan hak – hak anak baik di bidang kesehatan, pendidikan dan kreatifitas,” terang Lenny Nurhayati Rosalin. 

Lenny Nurhayati menambahkan, peluncuran bus sekolah serta bus desa sehat juga merupakan salah satu nilai tambah pada saat pelaksanaan konfrensi nanti. Dikatakan, pada saat pelaksanaan konfrensi nanti juga akan ada field trip (karya wisata) oleh peserta konfrensi, antara lain melakukan kunjungan ke sekolah ramah anak, desa ramah anak serta puskesmas ramah anak. “Kabupaten Gianyar nantinya bisa menjadi percontohan bagi negara – negara lain dalam hal pemenuhan hak – hak anak,” terang Lenny. (HumasGianyar/Set)


Oleh : dishubinkom | 30 Desember 2015 | Dibaca : 460 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Video
No Video.
Facebook
Twitter
Statistik Pengunjung


2385467

Pengunjung hari ini : 141
Total pengunjung : 131932

Hits hari ini : 224
Total Hits : 2385467

Pengunjung Online: 1